Waktu akhir pekan memang waktu yang tepat untuk bersantai sambil membaca buku. Salah satunya lewat aplikasi iPusnas. Aplikasi buatan pemerintah ini emang ngebantu banyak banget pegiat literasi buat bisa baca berbagai macam buku. Sayangnya, iPusnas error lagi. Dan menjelang akhir pekan pula!

Bermula dari pembaruan aplikasi beberapa hari lalu, aplikasi iPusnas tiba-tiba saja error. Mungkin bukan pertama kalinya. Tapi sebalnya tetap sama. Setelah tiba-tiba ter-logout secara otomatis, aku kesulitan untuk login iPusnas lagi. Alhasil, rencana baca buku yang sudah kupinjam bubar blas.

Awalnya, kukira hanya aplikasiku saja yang error. Ternyata banyak pengguna lain di X yang merasakan hal yang sama. Aku sendiri baru menyadarinya hari Rabu lalu. Saat ingin melanjutkan bacaan yang sempat tertunda. Tapi sepertinya sudah lebih lama dari itu. 

Saat aku menulis ini, aku sudah bisa login iPusnas. Tapi tampilan layarnya tetap saja kosong. Hanya ada kotak biru kosong dan menu yang juga tidak membantu apapun. Tidak tahu sampai kapan error ini akan berlangsung.

Jujur saja, sedikit sesak ya rasanya. Weekend yang seharusnya diisi dengan bacaan seru malah jadi sepi dan garing. Terpaksa harus mencari bacaan lain untuk dibaca. Mungkin menyelesaikan buku fisik yang menumpuk dan belum tersentuh. Atau menikmati momen dengan kegiatan lain yang gak kalah seru.

Karena aplikasinya milik pemerintah, mungkin di hari kerja nanti baru mulai dibenahi. Harapannya sih, hari Senin sudah bisa berfungsi normal lagi ya. Karena ada banyak buku bagus yang sebenarnya menyenangkan untuk dieksplor dan dibaca di iPusnas. Semoga saja error ini gak berlangsung lama.