Bagi sebagian orang, buang air adalah waktu yang sakral. Apalagi buang air besar. Tempatnya tidak bisa sembarangan dan harus dilakukan di rumah sendiri. 

Meskipun ada juga yang bisa melakukannya di mana saja. Tapi sebenarnya, kenapa sih kita lebih nyaman buang air di WC rumah sendiri dibandingkan dengan WC di tempat lain?

Ada beberapa sebab yang mungkin bisa jadi alasan utama:

1. Privasi Penuh

Privasi adalah salah satu aspek paling penting yang membuat WC di rumah lebih nyaman. Di rumah sendiri, kita tidak perlu khawatir tentang orang lain yang mengganggu atau menunggu di luar pintu. 

Kita juga bisa lebih tenang dan leluasa menggunakan WC tanpa terganggu tekanan waktu. Adanya privasi penuh ini membuat kita lebih rileks dan merasa aman selama berada di WC.

2. Standar Kebersihan Pribadi

Saat berada di rumah sendiri, kita memiliki kontrol penuh atas kebersihan WC. Kita tahu persis seberapa sering WC dibersihkan dan produk apa yang digunakan. 

Sehingga, muncul rasa aman dan nyaman saat menggunakan WC. Karena kita tahu bahwa WC selalu berada dalam kondisi bersih dan higienis sesuai standar kita.

Sedangkan saat di tempat umum, kita tidak bisa mengetahui sepenuhnya tentang kebersihan WC. Sehingga muncul rasa khawatir akan kebersihan dari WC yang akan digunakan. 

Apalagi kalau WC tersebut menggunakan toilet duduk yang bersentuhan langsung dengan kulit tubuh.

3. Kenyamanan Pribadi

WC di rumah juga bisa diatur sesuai dengan kenyaman dan preferensi pribadi. Mulai dari suhu air, jenis tisu, hingga sabun yang digunakan. Sehingga, pengalaman menggunakan WC jadi lebih personal dan nyaman. 

Hal ini tentu saja tidak bisa didapatkan saat menggunakan WC umum. Fasilitas yang ada di WC umum biasanya lebih standar dan tidak bisa disesuaikan dengan preferensi kita. Karena yah... WC umum.

4. Aksesibilitas dan Kemudahan

WC di rumah sendiri lebih mudah diakses kapan saja kita butuh. Sering kali tidak perlu mengantri lama apalagi sampai harus keluar rumah yang tentu saja akan merepotkan. Apalagi kalau kita sedang terburu-buru atau tidak merasa nyaman. 

Kemudahan akses ini membuat WC di rumah sendiri jadi jauh lebih nyaman untuk digunakan sehari-hari.

5. Keamanan dan Kesehatan

Menggunakan WC di rumah juga mengurangi resiko terpapar kuman dan bakteri yang mungkin ada di WC umum. 

Di rumah sendiri, kita bisa mengetahui dengan pasti siapa saja yang menggunakan WC. Dan juga bisa memastikan kalau setiap anggota keluarga menjaga kebersihan dengan baik. 

Ini penting karena dengan begitu, kesehatan lebih terjaga dan resiko penyebaran penyakit bisa dicegah.


Itulah beberapa alasan kenapa buang air di WC rumah sendiri lebih nyaman dibandingkan WC umum. 

Yang pasti, kenikmatan dan kenyamanan menggunakan WC di rumah sendiri memang sesuatu yang tidak bisa disangkal. Apalagi kalau dibandingkan dengan WC umum yang kita tidak tahu jelas kebersihannya.