"The longer l entertain them in my head, the more uncontrollable and Vicious they become"

Pernah nggak sih kamu lagi duduk santai, tiba-tiba kepikiran hal-hal yang bikin mood anjlok? Awalnya mungkin cuma lintasan pikiran aja, tapi kalau nggak disadari, pikiran itu bisa berkembang jadi sesuatu yang lebih besar.

Kalau kita terbiasa mindless thinking atau overthinking, pikiran negatif itu bisa makin liar. Bahkan bisa berkembang dan membuat kita ngerasa nggak layak atau bahkan merasa gagal.


Berhenti Sejenak dari Sosial Media

Ngomong-ngomong soal pikiran negatif, penting banget buat kita belajar mengenali dan mengendalikannya. Salah satu cara yang aku coba dan work di aku adalah mengambil jarak dari media sosial atau kegiatan lain yang nggak mindful.

Sosial media itu ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi bisa ngasih hiburan dan informasi. Tapi di sisi lain juga bisa bikin kita overthinking. Apalagi kalau kita punya pikiran yang rentan membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Coba deh sekali-kali off dari sosial media dan rasain perbedaannya. Sebagai gantinya, kamu bisa gunain waktu yang ada buat lebih fokus sama diri sendiri dan apa yang ada di sekitar. Luangin waktu untuk merenung, meditasi, atau sekedar jalan-jalan tanpa gangguan notifikasi.

Cara ini juga bantu banget buat kita lebih sadar sama apa yang kita pikirkan. Kita jadi lebih bisa melihat ke dalam diri sendiri, memahami perasaan, dan menerima pikiran kita apa adanya. Tanpa terpengaruh oleh pikiran dan pendapat orang lain.


Emang Nggak Mudah

Latihan untuk jadi lebih mindful dalam berpikir emang nggak bisa instan. Perlu waktu dan kesabaran yang banyak. Kadang juga nggak langsung berhasil, dan itu nggak apa-apa. Yang penting kita terus mencoba. Pelan-pelan aja. 

Sedikit demi sedikit kita coba arahkan pikiran kita ke hal yang lebih positif. Nanti lama-lama akan ada perubahan yang terasa. Kita bakal lebih mudah menyadari hal-hal baik dalam diri kita. Terus pikiran negatif yang sebelumnya sering muncul juga akan berkurang perlahan-lahan.

Dengan lebih mindful, kita juga bakal belajar untuk lebih menerima diri sendiri. Mungkin tanpa sadar kita jadi orang yang terlalu keras dan banyak menuntut sama diri sendiri. Padahal setiap orang punya kelebihan dan kekurangan.

Dengan lebih mindful juga, kita jadi belajar menghargai apa yang kita punya dan apa yang sudah kita capai. Hal yang mungkin selama ini sering banget kelewat karena kita sibuk sama hal-hal negatif dari diri kita.


Pada akhirnya, kita jadi lebih menyadari kalau kita cukup layak untuk hidup dan bahagia. Pikiran negatif yang tadinya sering menghantui, pelan-pelan akan memudar dan hilang. Efeknya, kita jadi lebih percaya diri dan lebih menikmati hidup. Dan tentu saja jadi lebih bahagia juga.